Penyelenggaraan ICE 2020 Dikembalikan Kepada AKSI/SCAI

Setelah sukses menyelenggarakan Indonesia Coffee Events selama tiga tahun berturut-turut, yaitu 2017, 2018 dan 2019, Barista Guild Indonesia (BGI) mengumumkan bahwa secara organisasi tidak akan kembali terlibat dalam penyelenggaraan acara kompetisi nasional ini untuk periode tahun 2020 (ICE 2020).

Para juara ICE 2019 yang mewakili Indonesia di tingkat dunia.

BGI menyatakan bahwa penyelenggaraan ICE 2020 sepenuhnya diserahkan kembali kepada Asosiasi Kopi Spesialti Indonesia (AKSI/SCAI) sebagai badan nasional yang diberi mandat sebagai pemegang sanction WCE. “Meskipun SCAI menyatakan niatnya untuk kembali menggandeng BGI, namun para pengurus BGI telah sepakat, dengan mempertimbangkan situasi dan kondisi terkini, BGI tidak dapat berkolaborasi kembali dengan SCAI untuk penyelenggarakan ICE 2020,” Yoshua Tanu sebagai Ketua BGI memberikan keterangan. 

Sejalan dengan keputusan tersebut, Yoshua juga menyampaikan harapannya agar ICE 2020 tetap dapat terlaksana dengan lancar meskipun tidak dikelola oleh BGI. 

“Para pengurus BGI tetap dapat membantu memberikan sumbang saran, tenaga, dan pengetahuan untuk penyelenggaraan ICE 2020 dalam kapasitasnya sebagai pribadi, bukan atas nama organisasi,” tambah Yoshua.

Mira Yudhawati sebagai Ketua Dewan Pengawas BGI juga memberikan informasi bahwa di tahun 2020 BGI ingin berfokus pada regenerasi di internal organisasi dan juga melakukan revitalisasi pada program-program yang sudah ada. “Hal ini mendesak dilakukan demi mewujudkan visi dan misi BGI sehingga dapat berkontribusi lebih baik lagi di sisi hilir industri kopi spesialti,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: